Kunci sukses penerapan sistem manajemen di perusahaan



MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)- Kunci sukses penerapan sistem manajemen di perusahaan

Dalam era persaingan bebas saat ini dan untuk menyambut MEA atau masyarakat ekonomi asean dimana persaingan dalam dunia kerja dan usaha akan semakin ketat maka perlu dilakukan perbaikan dan persiapan supaya pekerja dan perusahaan mampu bersaing dengan bangsa lain terutama dikawasan asia/asean.
Oleh karena mau tidak mau perusahaan yang ingin tetap dapat bersaing akan melakukan perbaikan pada sistem mereka dengan harapan kualitas barang dan jasa yang dihasilkan ikut terjaga, sehingga mampu bersaing dalam dunia usaha yang semakin sengit persaingannya.

Salah satu perbaikan yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menerapkan sistem manajemen sebagai syarat serta pendukung untuk melakukan perbaikan pada sistem kerja mereka.


Penerapan sistem manajemen diperusahaan dapat disesuaikan dengan jenis atau ruang lingkup usaha mereka, ada beberapa macam jenis implementasi sistem manajemen yang biasa dipakai dalam perusahaan dan sebagai standar untuk masuk dan bersaing dengan negara lain antara lain :

  1. Sistem Manajemen Mutu atau yang lebih sering disebut dengan ISO 9001, ISO 9001 versi yang baru saja update adalah seri ISO 9001 tahun 2015, implementasi sistem manajemen mutu ini adalah sebagai dasar perbaikan yang akan dilakukan dalam perusahaan sebelum perusahaan tersebut menerapkan sistemanajemen lainnya
  2. Sistem manajemen lingkungan atau ISO 14001, sistem manajemen diterapkan oleh banyak perusahaan yang berpotensi mencemari lingkungan sekitarnya dari hasil olahan produknya.
  3. Sistem Manajemen pengelolaan keamanan pangan atau ISO 22000 adalah sistem keamanan pangan atau GMP good manufacturing pratice yang diterapkan oleh perusaan yang bergelut pada food and beverage
  4. Sistem keselamatan atau K3 atau sering disebut dengan OSHAS 18001 sistem manajemen keselamatan ini juga paling banyak di implementasikan di dunia usaha.
  5. Sistem manjemen laboratorium atau sering disebut juga ISO  17025 adalah sistem manajemen yang mengatur mengenai manajemen laboratorium.
  6. Sistem manajemen otomotif atau sering disebut juga dengan ISO  TS 1649 adalah sebuah sistem yang mengatur mengenai usaha otomotif seperti perusahaan part kendaraan bermotor ataupun perakitannya.
  7. Sistem manajemen Oil and atau Gas disebut dengan ISO 29001 yaitu sistem manajemen yang mengatur mengenai sistem dalam perusahaan Oil and Gas.
  8. Sistem manajemen keamanan informasi atau sering disebut juga dengan ISO 27001 yang mengatur mengenai sistem pengamanan informasi dalam sebuah perusahaan.
Beberapa sistem manajemen diatas adala sistem manajemen yang diterapakan didunia usaha hampir diseluruh dunia guna meningkatkan kualitas produk dan jasa dalam bisnis mereka serta menjamin keamanan dalam bekerja.
Masih banyak sistem manajemen yang dapat diterapkan selain sistem manajemen diatas tergantung dari jenis usaha dan bidangnya masing-masing.

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana Kunci sukses penerapan sistem manajemen di perusahaan ?

Kendala atau tantangan penerapan sebuah implementasi sistem baru dalam perusahaan biasanya tidak jauh dan berbeda dari beberapa hal dibawah ini yaitu :
  1. Lemahnya komitmen manajemen atau direksi terhadap implementasi sistem manajemen/ sistem baru yang menyebabkan implementasi sistem baru berjalan kurang power.
  2. Resistensi karyawan terhadap penerapaan dan implementasi sebuah sistem baru yang dianggap menambah aktivitas pekerjaan mereka.
  3. Konsistensi implementasi yang lemah sehingga penerapan implementasi sistem baru tidak berjalan semestinya.
  4. Program kerja yang kurang jelas sehingga implementasi setiap poin penerapan sistem baru menjadi tidak terarah dan cenderung berjalan seadanya atau yang penting ada.
Beberapa kendala penerapan sistem manajemen diatas paling sering dikeluhkan oleh setiap penanggung jawab proses sehingga implementasi sistem manajemen apapun jadi tidak berjalan dengan baik sesuai dengan standar yang ada.


Pertanyaan yang akan muncul adalah Bagaimana cara implementasi sistem manajemen baru dalam perusahaan ?
Kunci sukses penerapan sistem manajemen di perusahaan adalah kebalikan dari kendala yang sering muncul diatas, bila kita sudah mengetahui kendala yang akan dihadapi berarti kita sudah memiliki Kunci sukses penerapan sistem manajemen di perusahaan.
Tinggal bagaimana mencari cara agar sukses dalam menerapkan sistem manajemen dalam perusahaan.
Beberapa Kunci sukses penerapan sistem manajemen di perusahaan yang dapat dilakukan antara lain.
  1. Memperkuat komitmen manajemen terhadap implementasi sistem manajemen yang akan diterapkan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat kesepakatan atau SK yang menyatakan dukungan penuh penerapan sistem manajemen yang akan diimplementasikan karena tanpa komitmen yang kuat dari top manajemen tidak ada gunanya penerapan sistem manajemen di perusahaan tersebut.
  2. Melakukan training kepada setiap karyawan tentang perlunya dan pentingnya sebuah sistem manajemen yang akan dilaksanakan dan memberikan pengertian bahwa dengan implementasi sistem manajemen yang baru ini tidak akan mempersulit kerja mereka tetapi akan mempermudah kerja karyawan.
  3. Meningkatkan konsistensi dari penerapan sistem manajemen dimulai dengan jajaran paling atas yaitu jajaran manajemen dan manager sehingga akan memberikan contoh kepada semua karyawan yang berada dibawahnya.
  4. Membuat jadwal kerja yang jelas sehingga setiap kendala dan proses implementasi dapat terpantau dengan baik dan dipahami oleh semua anggota atau tim pelaksana sehingga proses implementasi sistem manajemen berjalan sesuai jadwal yang telah dibuat.
4 hal diatas adalah Kunci sukses penerapan sistem manajemen di perusahaan, disetiap perusahaan bisa saja akan berbeda untuk kendala dan cara penanganan dari setiap masalah yang muncul.

Dengan sukses menerapkan sistem manajemen di perusahaan maka akan membuat perusahaan tersebut dapat bersaing dengan perusahaan diberbagai negara dengan adanya sertifikat manajemen yang diperoleh dan implementasi secara konsisten dari penerapan sistem manajemen diatas, karena sertifikat saja bisa dibeli tanpa adanya penerapan sistem manajemen dan itu biasanya jalan pintas yang dilakukan oleh beberapa perusahaan yang ingin secara instan dan cepat memiliki sertifikat manejemen untuk mendongkrak brand perusahaan mereka tanpa mengikuti proses implementasi dari tahap demi tahap sehingga yang terjadi kesuksesan yang didapat tidak dapat berjalan atau bertahan lama karena tidak ada perbaikan sistem dalam internal mereka sehingga kualitas dan jasa yang dihasilkan tidak konsisten.

Jadi kunci sukses bersaing dalam dunia usaha bukan hanya sekedar memiliki sertifikat manajemen tetapi sertifikat dan konsistensi penerapannya.



0 Response to "Kunci sukses penerapan sistem manajemen di perusahaan"

Post a Comment

Orang Bijak Tinggalkan Jejak