Tips Membeli Laptop Bekas


Jaman teknologi sekarang banyak sekali pilihan untuk menentukan berbagai macam merk peralatan elektronik, HP, Laptop dll, My experience  kali ini ane mau berbagi pengalaman mengenai bagaimana Cara cek laptop bekas sebelum kita memutuskan Membelinya, terutama bagi mas mbroo yang minim budget untuk membeli lap top termasuk ane mas mbroo,,,ehe..hehe.....ok langsung ke TKP ya,,,!!



1. Cek Fisik

yang paling mudah dilihat adalah fisik, coba dilihat dengan jeli kondisi laptop bekas tersebut dari ujung ke ujung, apakah masih ada segelnya, apakah ada baut yang sudah ada bekas pernah dibuka, stikernya dll, cek semua ujungnya jangan sampe kelewat satu titik pun bro.

2. Status Jaminan

Laptop baru pasti ada jaminannya, minimal 1 tahun. Hanya yang perlu diperhatikan jaminan pada laptop baru adalah jauh dekatnya service center dan pelayanan garansi hingga memakan waktu berapa lama. Tentu saja gak mau menunggu hingga 2 bulan kan gara-gara service waktu garansinya lama. Jaminan tidak berlaku pada laptop bekas. Pastikan  meminta garansi setelah membeli laptop bekas. Dan tanyakan secara detail bentuk garansianya. Apakah garansi hardware, software, atau hanya service saja.

3. Batere dan Charger

Komponen ini juga sangat penting, sehingga harus teliti mengeceknya. Batere laptop bisa dicek di dalam ikon batere di kanan bawah pada taskbar. bisa melihat hasil pantauan, jika kondisi fullcharge 100% tetapi baru dipakai 5 menit sudah turun menjadi 80%, maka tanda-tanda batere kurang bagus. Fisik batere bisa dilihat dengan cara melepas kuncian pada belakang laptop. Dicek apakah batere original atau replace. Kondisi replace biasanya tidak optimal dalam kinerja laptop. Biasanya kalau original adalah tulisan brandednya. Tapi kalau replace tidak ada tulisan brandednya (compaq, acer, dell, dll) atau tertulis replace.
Cara mudah mengecek charger adalah dengan memasukkan colokan listrik ke laptop. Charging tidaknya akan kelihatan jelas. Fisik charger yang original biasanya agak berat dari yang non ori. Atau lihat aja, apakah ada brandednya. Tapi ini tidak menjadi parameter, sebab charger yang oripun kadang tidak tertulis brandednya.

4. Kualitas Layar

Layar atau LCD pada laptop merupakan komponen yang sangat penting, sebab bisa menampakkan hasil operasional keseluruhan laptop. apakah ada bintik noda pada layar, biasanya berwarna putih dan sangat terlihat bila dilihat pada background yang terang. Jamur pada layar juga menjadi problem bila luput dari pantauan. Cara mengeceknya dengan memiringkan layar sekitar 30 derajat. Akan tampak warna corak putih seperti jamur.

5. Cek Fitur

cek WiFi di ikon kanan bawah yang berbtentuk tangga. Klik aja, kalau muncul kotak hotspot koneksi, maka masih oke. Bluetooth bisa dicek di run. Klik start lalu tulis aja bluetooth. Klik aja dan mainkan

6. Keyboard dan Touchpad

Mengecek langsung dengan klik notepad, lalu mengetikkan semua tulisan pada keyboard. Nanti kelihatan apakah masih bagus ataukah tidak. Klik kiri-kanan pada bagian touchpad juga bisa cek langsung. Ketukan pada touchpad juga penting.

7. Cek Sound dan USB Port

Pastikan  melihat ikon speaker kanan bawah dalam kondisi 100%. Setelah itu, cari folder sample video, lalu mainkan aja. Selain bisa cek suara, juga cek kualitas video. Port USB sangat sering digunakan, jadi sobat kudu cek n ricek. Sediakan flashdisk untuk mengeceknya.

8. Cek Spesifikasi & Cek Harga



klik start lalu tulis di dxdiag pada kolom run. Semua tertulis pada hasil klik itu. Atau klik start lalu klik kanan computer pilih properties. Tetapi belum menampakkan kapasitas hardisk. Besarnya kapasitas hardisk bisa dicek dengan klik start lalu klik kanan computer pilih manage. Dalam kotak klik disk management dan Cek harga dipasaran agar tahu perbandingannya.


Beberapa Tips diatas semoga bisa menambah referensi kita dalam lebih jeli memilih sesuatu barang sebelum kita membelinya.

2 Responses to "Tips Membeli Laptop Bekas"

Orang Bijak Tinggalkan Jejak