Sistem Manajemen Mutu

Pada saat ini banyak dari parusahaan sedang mempersiapkan diri untuk menyambut era perdagangan, Salah satu sistem management yang dipakai untuk mengembangkan sistem di perusahaan adalah sistem manajemen mutu, 

Dalam postingan my experience ini saya akan sedikit menjelaskan secara teori pengetahuan dasar menegenai 

sistem manajemen mutu.


Pertama apa itu Sistem Manajemen?


 –Sistem manajemen adalah suatu kegiatan terkoordinasi untuk mengarahkan dan mengendalikan organisasi dalam hubungannya dengan mutu.

Kedua apa yang dimaksud dengan Mutu?

-Derajat pemenuhan seperangkat sifat dan karakteristik terhadap persyaratan (ISO 9000)
-Perbaikan dan pengukuran mutu secara terus menerus untuk mengeliminasi variasi dengan menggunakan alat-alat statistik.(W. Edward Deming)

itu beberapa definisi mutu yang saya ambil dari beberapa sumber dan masih banyak lagi definisi mutu menurut beberapa pakar tapi yang paling pas menurut saya pribadi adalah yang dikatakan oleh Juran" Mutu adalah : Fitness for Use"

"Sistem Manajemen Mutu adalah Sistem manajemen untuk mengendalikan dan mengarahkan organisasi dalam hubungannya dengan mutu"



Gambar diatas adalah alur proses sistem manajemen mutu yang umum diimplementasikan yang mengacu pada prinsip dasar P-D-C-A (Plan-Do-Check-Action) karena sistem tersebut dinamis dan akan selalu ada improvement.

Tujuan pelaksanaan dari sistem manajemen mutu adalah untuk memenuhi persyaratan pelanggan yang akhirnya dapat memuaskan pelanggan.







0 Response to "Sistem Manajemen Mutu"

Post a Comment

Orang Bijak Tinggalkan Jejak