Implementasi ISO 9001:2008

Dalam dunia usaha dan persaingan yang semakin ketat, banyak perusahaan kelas dunia maupun lokal mulai menerapakan beberapa strategi untuk memperbaiki sistem perusahaan yang harapannya, mampu menghasilkan kualitas produk yang bagus dan konsisten, serta didukung sebuah sistem perusahaan yang kuat.
Salah satu sistem yang banyak diterapkan atau di implementasikan adalah ISO 9001:2008,
pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi pengalaman mengenai kegagalan Implementasi ISO 9001:2008
Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kegagalan dalam melaksanakan ataupun implementasi ISO 9001:2008 tentang Sistem Manajemen Mutu didalam sebuah organisasi atau perusahaan.

1. Komitmen Manajemen yang lemah

Tidak konsistennya komitmen perusahaan/organisasi terhadap aktivitas ISO 9001/ sistem manajemen mutu hal inilah yang membuat implementasi ISO 9001/ sistem manajemen mutu di sebuah organisasi tidak berjalan bahkan gagal, komitmen manajemen sangat penting dalam hal pelaksanaan sistem manajemen mutu karena jika agenda ISO 9001/ Sistem Manajemen Mutu Tidak ada dalam agenda manajemen itu berarti tidak ada juga di agenda seluruh karyawan dalam organisasi maupun perusahaan.

2. Plan-Do-Check-Action yang tidak optimal

Sering kali PDCA yang dibuat dalam pelaksanaan maupun implementasi ISO 9001/Sistem Manajemen Mutu tidak berjalan optimal ada beberapa langkah yang tidak berjalan seperti check ataupun action dan itu yang sering terjadi dalam sebuah organisasi maupun perusahaan.

3. Terbatasnya Biaya

Dalam memulai sebuah perbaikan atau implementasi sebuah sistem manajemen apalagi ISO 9001/Sistem Manajemen Mutu akan membuat terhambatnya implementasi sistem tersebut karena untuk mengawali perlu adanya biaya yang cukup tinggi seperti perbaikan sarana prasarana, biaya konsultan, biaya sertifikasi dll.

4. Dualisme Sistem

Dalam melaksanakan maupun implementasi sebuah sistem baru akan menjadi kendala besar apabila dalam organisasi/ perusahaan tersebut telah ada sistem lain yang telah lebih dulu ada dan belum bisa disingkronisasikan dengan sistem Manajemen mutu yang akan diterapkan.

Semoga bermanfaat dan berguna sedikit pengalaman yang saya bagi.

0 Response to "Implementasi ISO 9001:2008 "

Post a Comment

Orang Bijak Tinggalkan Jejak