Pro dan Kontra Penerapan Full Day School Di Indonesia

Wacana Full day School oleh kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, menuai banyak kontra dari masyarakat, karena mereka merasa penerapan full day school untuk saat ini belum tepat dan akan mmerenggut kebebasan anak dan dapat juga membuat anak jadi jenuh karena seharian penuh harus beraktifitas disekolahan.


Pro dan Kontra Penerapan Full Day School Di Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan wacana "full day school" bukan berarti belajar sehari penuh tetapi memastikan peserta didik mengikuti penanaman pendidikan karakter.



Wacana Full day School ini pada dasarnya memiliki tujuan yang baik akan tetapi belum tepat dijalankan di Indonesia dengan kondisi sekarang ini,

seperti yang kita tahu berdasarkan data kekerasan pada anak paling banyak dialami di sekolahan jadi biisa kita bayangkan apabila seharian penuh anak tersebut berada di sekolahan.

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan apabila waacana full day school benar-benar diterapkan yaitu :


1. Fasilitas sekolah
Sekolah yang akan menerapkan full day school haruslah memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang baik dan mencukupi dari fasilitas olahraga, kesenian, dan fasilitas lainnya.

2. Kesiapan Program
Selain sarana masalah kesiapan sebuah program sebelum diterapkan haruslah diperhatikan jangan sampai anak-anak kita jadi bahan percobaan dari sebuah program yang dapat memberikan dampak negatif pada anak kita.

3. Kesiapan Guru
Ketersediaan guru untuk mendukung penerapan ini sangat penting karena guru juga pasti dituntut berada disekolah selama masa pendidikan untuk mengawasi dan membina para muridnya.

4. Kesiapan Orang Tua
Hal ini paling penting yang perlu diperhatikan apakah semua orang tua murid menyetujui apabila anaknya seharian penuh atau full day di sekolahan, untuk para orang tua yang sibuk mungkin ini efektif untuk dapat mendidik anak mereka daripada anak mereka berada dijalanan, tetapi untuk para orang tua yang punya waktu luang untuk menunggui anak mereka sekolah apa mereka mau full day di sekolahan sedangkan banyak kegiatan rumah yang mereka juga harus kerjakan.

5. Kesiapan Murid
Kesiapan murid juga hal yang sangat penting karena mereka lah yang akan menjalaninya, jangan sampai mereka malah jadi stress atau tertekan bila harus berada disekolahan sepanjang hari.


Nah bagaimana menurut anda mengenai Penerapan Full Day School Di Indonesia Pro atau kontra?

0 Response to "Pro dan Kontra Penerapan Full Day School Di Indonesia"

Post a Comment

Orang Bijak Tinggalkan Jejak