Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dokumen standar ISO 9001 : 2015 ?

Dokumen  standar ISO 9001 : 2015

Berikut adalan daftar dokumen yang harus ada atau wajib untuk penerapan ISO 9001 yang terbaru yaitu ISO 9001:2015.

  • Kebijakan Mutu 
    Kebijakan mutu merupakan dokumen pertama yang harus dibuat: Kebijakan mutu adalah dokumen yang berisi kebijakan manajemen terhadap mutu. Kebijakan mutu suatu dokumen yang isinya hampir mirip dengan visi misi dengan sedikit perbedaan Ini contoh
     
  • Sasaran Mutu
    Sasaran mutu atau target tiap-tiap unit kerja merupakan dokumen yang harus dibuat setelah kebijakan mutu. Sasaran mutu harus terukur dan senantiasa dimonitor secara berkala. Orang sering menyebut sasaran mutu dengan istilah KPI (key performance index).
  • Ruang Lingkup sistem manajemen mutu (SMM)
    Harus ada dokumen yang menyatakan ruang lingkup penerapan sistem manajemen mutu.
  • Rekaman Kalibrasi (Calibration): Bukti kalibrasi atau verifikasi alat ukur harus tersedia (klausul 7.1.5.2)
  • Rekaman Kompetensi: Dokumen yang menunjukkan bukti kompetensi personil (klausul 7.2)
  • Review order dan Perubahan order: Bukti review order atau perubahan order harus ada. Ketika order diterima, order tersebut harus direview untuk menilai order dapat dipenuhi atau tidak dokumen ini biasanya terdapat di bagian sales atau marketing. Bukti review order bisa dalam bentuk notulen rapat atau tanda tangan yang berwenang dalam dokumen order(klausul 8.2.3)
  • Bukti seleksi dan evaluasi supplier: Dokumen yang menunjukkan bahwa seleksi dan evaluasi supplier telah dilakukan (klausul 8.4.1).
  • Kepuasan pelanggan : Bukti survey kepuasan pelanggan telah dilakukan untuk melihat tingkat kepuasan pelanggan terhadap output perusahaan.
  • Internal Audit : Tersedianya laporan audit yang memuat perbaikan dari hasil temuan audit yang terdokumentasi. (klausul :9.2)
  • Manajemen review : Bukti tinjauan manajemen telah dilakukan harus bisa ditunjukan sebagai bukti bahwa manajemen puncak mereview dan selalu mengikuti perkembangan sistem manajemen mutu yang ada di perusahaan. (klasul 9.3)

Beberapa dokumen diatas masih belum mencakup semua dokumen yang dibutuhkan atau yang diwaijbkan dalam standar ISO 9001 :2015 yang baru, bisa saja bertambah sesuai dengan pendalaman setiap klausul ISO 9001:2015 dan bagi para praktisi atau yang mendalami ISO 9001:2015 bisa share di Komentar bila ada kekurangan atau masukan lainnya.

Post a Comment for "Dokumen standar ISO 9001 : 2015 ?"