Penyebab Gagalnya Penerapan ISO 9001 Manajemen Mutu

Persaingan bisinis makin ketat dan banyak perusahaan berlomba untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas perusahaannya, salah satu cara adalah dengan menerapkan sistem manajemen mutu atau yang lebih dikenal dengan ISO 9001.


Menjamurnya produk-produk cina di seluruh dunia tidak lepas dari bantuan pemerintah cina dalam hal membatu dalam kemudahan pengurusan perijinan dan pembakuan sistem di perusahaan-perusahaan di cina, sehingga perusahaan yang notabene hanya home industri saja bisa go..International dan merambah hingga kepenjuru dunia lainnya, jadi tidak heran apabila perusahaan-perusahaan di cina telag bersetifikat ISO 9001, 14001 dan 18001, bandingkan perusahaan yang ada di Indonesia yang mungkin lebih besar tetapi banyak yang tidak atau belum memulai menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 yang dianggap sebagai dasar penerapan sistem manajemen yang lainnya.

Pada era sekarang dengan persaingan bebas sudah mulai masuk ke negara-negara ASEAN menjadi cambuk dan motivasi tersendiri bagi perusahaan untuk mulai menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 yang sekarang hampir di release versi yang terbaru yaitu ISO 9001 : 2015.

Yang ingin warongilmu soroti adalah beberapa penyebab kegagalan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 antara lain :

1. Tidak Konsisten
Dalam penerapan sistem manajemen yang penting dan harus diutamakan adalah masalah konsistensi, iya ini mudah diucapkan tapi yakin akan sulit penerapannya bila tidak mulai untuk dipaksakan, karena budaya malas yang kadang masih menyelimuti, sistem itu memang pada awalnya harus dipaksakan shingga nanti akan terbiasa.

2. Tidak Peduli 
Tidak peduli atau dalam bahasa kerennya adalah low awareness....yang satu ini juga sudah mendarah daging jadi kebanyakan orang mungkin,,,punya kepedulian yang rendah terhadap lingkungan disekitar mereka sehingga kesalah pada pelanggaran sistem yang dilakukan dibiarkan saja karen merasa bukan urusan mereka akhirnya kesalahan sistem itu berjalan terus tidak seperti seharusnya, apabila mereka peduli tindakan pencegahan maupun perbaikan bisa segera dilakukan demi perbaikan dan jalannya sistem manajemen mutu dengan baik.

3. Tidak Paham
Poin yang ini juga sangat penting karena apabila pemahaman implementasi ISO 9001 tidak dipahami secara merata oleh semua karyawan maka yang terjadi adalah kegagalan no. 1 dan 2 , untuk itu dalam penerapan manajemen mutu ada yang disebut dengan pelatihan atau training awareness yang tujuannya adalah memberi pemahaman tentang pentingnya sistem manajemen mutu ini untuk dilaksanakan oleh semua jajaran atau elemen dalam perusahaan.

Beberapa Penyebab Gagalnya Penerapan ISO 9001 Manajemen Mutu diatas adalah yang warong ilmu anggap penting meskipun masih ada banyak penyebab kegagalan penerapan sistem manajemen mutu yang lainnya.



1 Response to "Penyebab Gagalnya Penerapan ISO 9001 Manajemen Mutu"

Orang Bijak Tinggalkan Jejak